Fakta Menarik Jelang Perempat Final Australia Vs Korsel

Timnas Australia dan Korea Selatan akan berhadapan di perempat final Piala Asia 2023 pada Sabtu (3/2/2024) malam. Laga ini diprediksi akan berlangsung sengit dan menarik, mengingat kedua tim memiliki sejarah dan prestasi yang cukup bagus di ajang ini.

Berikut adalah beberapa fakta menarik yang bisa menjadi bahan pembicaraan jelang pertandingan ini:

  • Australia dan Korea Selatan pernah bertemu di final Piala Asia 2015, yang berlangsung di Australia. Saat itu, tuan rumah berhasil menang 2-1 lewat gol tambahan waktu dari James Troisi, setelah sebelumnya sempat tertinggal oleh gol Son Heung-min di menit ke-91.
  • Kemenangan itu membuat Australia meraih gelar Piala Asia pertama mereka sekaligus menjadi tim pertama yang menjuarai dua konfederasi berbeda, setelah sebelumnya menjadi juara Oseania pada 2004.
  • Korea Selatan sendiri belum pernah menjuarai Piala Asia sejak 1960, meski sudah empat kali menjadi runner-up, termasuk pada 2015. Mereka juga menjadi tim dengan rekor kemenangan terbanyak di Piala Asia, yaitu 36 kali.
  • Di Piala Asia 2023, Australia dan Korea Selatan sama-sama lolos sebagai juara grup. Australia mengalahkan Indonesia, Qatar, dan Oman, sementara Korea Selatan menang atas Uzbekistan, Yaman, dan Irak.
  • Di babak 16 besar, Australia mengalahkan Indonesia lagi dengan skor 4-0, berkat gol-gol dari Harry Souttar, Awer Mabil, Jamie Maclaren, dan Martin Boyle. Korea Selatan harus melalui adu penalti untuk menyingkirkan Arab Saudi, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. Gol Korea Selatan dicetak oleh Hwang Ui-jo, sementara gol Arab Saudi dicetak oleh Salem Al-Dawsari.
  • Pelatih Australia, Graham Arnold, mengatakan bahwa kunci kemenangan timnya adalah kekuatan fisik dan intensitas tinggi. Ia juga mengaku tidak takut menghadapi Korea Selatan, yang memiliki pemain-pemain bintang seperti Son Heung-min, Lee Kang-in, dan Hwang Hee-chan.
  • Pelatih Korea Selatan, Juergen Klinsmann, mengatakan bahwa timnya harus bermain lebih efektif dan kreatif di depan gawang. Ia juga memuji semangat juang timnya yang tidak menyerah hingga akhir.
  • Striker Korea Selatan, Hwang Hee-chan, mengaku percaya diri bisa mengalahkan Australia. Ia mengatakan bahwa timnya memiliki taktik jitu untuk mengeksploitasi kelemahan lawan.
  • Laga ini akan menjadi pertemuan ke-31 antara Australia dan Korea Selatan. Dari 30 pertemuan sebelumnya, Australia menang 11 kali, Korea Selatan menang 10 kali, dan sisanya berakhir imbang.
  • Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pukul 19.00 WIB. Siapakah yang akan melaju ke semifinal dan siapakah yang akan pulang? Mari kita saksikan bersama.

Tinggalkan Balasan