Facebook Kembali Berfungsi, Instagram dan Threads Masih Bermasalah

Facebook dan Instagram mengalami gangguan di beberapa wilayah, dengan Downdetector menunjukkan adanya pemadaman, serta kesulitan kami sendiri dalam masuk ke aplikasi media sosial milik Meta.

Gangguan ini terjadi pada hari Selasa pagi, sekitar pukul 10.00 waktu setempat, dengan pengguna mengeluh tentang keluar dari akun Meta mereka dan tidak dapat masuk kembali.

Bacaan Lainnya

Masalah serupa juga dilaporkan dengan perusahaan Meta lainnya seperti Instagram, Messenger dan Threads.

Bahkan headset Meta Quest juga memaksa pengguna keluar, menurut 9to5Mac.com.

YouTube, yang bukan perusahaan Meta, juga turun sekitar waktu yang sama meskipun beberapa pengguna melaporkan dapat melihatnya jika mereka masuk ke akun Google mereka terlebih dahulu.

Sekitar pukul 12.00, pengguna melaporkan bahwa Facebook dan kemudian layanan lainnya kembali berfungsi.

Meta belum mengatakan apa-apa selain sebuah kiriman dari juru bicara komunikasi Andy Stone yang berbunyi, “Kami menyadari orang-orang mengalami kesulitan mengakses layanan kami.┬áKami sedang mengerjakan ini sekarang.”

Situs www.metastatus.com, yang melacak kondisi layanan di seluruh platform Meta, menunjukkan “gangguan besar” untuk alat-alat seperti Ads Manager, Facebook & Instagram Shops, dan Meta Business Suite, WhatsApp Business API dan Messenger API, tetapi mengherankan menunjukkan “tidak ada masalah yang diketahui” untuk Messenger, meskipun ada laporan besar-besaran yang menunjukkan sebaliknya.

Karena semua platform yang turun menggunakan Meta untuk masuk, spekulasi awal adalah bahwa hal itu bisa terkait dengan identitas dan manajemen akses Meta.

Tidak ada kegagalan jaringan atau serangan DDoS besar yang dilaporkan (belum).

Situasi serupa terjadi pada tahun 2021, disebabkan oleh perubahan konfigurasi yang salah. Kami akan memperbarui dengan informasi lebih lanjut saat tersedia. ***

Tinggalkan Balasan